Home News Berita International 6 Destinasi Populer yang Udah Ditutup Karena Kecerobohan Manusia

6 Destinasi Populer yang Udah Ditutup Karena Kecerobohan Manusia

12
0
SHARE
6 Destinasi Populer yang Udah Ditutup Karena Kecerobohan Manusia
MixParlay
MixParlay

THEJAKARTANEWS – Di era media sosial ini, ketenaran tempat wisata sangat dipengaruhi sama penyebarannya di lini masa. Bahkan data menyebutkan bahwa 50 persen dari pelancong mengakui bahwa internet sangat mempengaruhi rencana dan destinasi liburan mereka.

Di satu sisi, ini bagus untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Di sisi lain, ada hal yang nggak menyenangkan. Karena terlalu rame, akhirnya destinasi yang awalnya indah banget jadi rusak akibat ulah pengunjung. Berikut adalah deretan destinasi yang telah ditutup karena kerusakan.

1. Maya Bay, Phi Phi Islands, Thailand

Tempat ini mulai terkenal di dunia setelah rilis film “The Beach” yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio. Sejak saat itu hampir 5000 ribu orang datang ke spot ini. Akan tetapi pada Juni 2018, May Bay resmi ditutup demi perbaikan.

2. Terumbu karang di Christmas Island, Australia

Hanya dalam kurun waktu kurang lebih 10 bulan, skitar 90 persen dari karang rusak. Banyak yang mati karena stres akibat suhu yang terus memanas.

3. Chacaltaya Glacier, Bolivia

Gletser ini terbentuk lebih dari 18 ribu tahun yang lalu dan ini adalah satu di antara gletser tertinggi di Amerika Selatan. Sejak tahun 1980, wilayah ini mulai rusak hingga pada tahun 2009 gletser ini hilang karena pemanasan global.

4. Lake Poopó, Bolivia

Danau ini udah kering sepenuhnya pada tahun 2016. Sebelumnya, danau ini sangat cantik loh. Pemanasan global dan perkembangan pertambangan serta pertanian di dekat danau inilah yang membuat danau ini rusak. Pada tahun 1994, danau ini juga sempat kering untuk pertama kalinya lalu bisa terisi air lagi setelah ada hujan.

5. Terumbu karang, Raja Ampat, Indonesia

Sekitar 1600 meter persegi wilayah yang punya terumbu karang cantik di Raja Ampat rusak karena kapal pesiar pada tahun 2017. Kerusakan ini mengakitbatkan kerugian hingga 18,6 juta dolar AS.

6. Pont des Arts, Paris

Jembatan yang sangat terkenal ini penuh dengan gembok cinta. Kalo ditimbang beratnya mencapai 45 ton. Pemerintah khawatir penambahan gembok akan membuat jembatan jadi roboh. Akhirnya semua gembok itu dibuang dan saat dini ada panel kaca di jendela sehingga orang nggak bisa menggantung gembok.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here