Home News Berita National Akun Konsumen Dibobol untuk Pemesanan Tiket dan Hotel, Ini Tanggapan Traveloka

Akun Konsumen Dibobol untuk Pemesanan Tiket dan Hotel, Ini Tanggapan Traveloka

41
0
SHARE
Akun Konsumen Dibobol untuk Pemesanan Tiket dan Hotel, Ini Tanggapan Traveloka
MixParlay
MixParlay

THEJAKARTANEWS.COM – Salah seorang pemilik akun di aplikasi Traveloka, Maria Yuniaty, mengungkapkan bahwa akunnya dibobol oleh seseorang. Tanpa sepengetahuannya, ada transaksi pemesanan tiket pesawat dan hotel.

Cerita ini dibagikan Maria melalui story di akun Instagramnya.

Hati-hati pembobolan akun traveloka. Dimulai baru tadi, iseng ngecek email yang udah jarang dipakai trus muncul email dari traveloka dari 21 Juli 2019. Ada orang yang login akunku traveloka dari Jakarta atas nama Sugandi. Trus apply Traveloka Pay dengan limit 5 juta. Dan diapprove dong sama @traveloka,” tulis Maria.

Saat dihubungi KompasTravel, Maria Yuniaty mengatakan, si pembobol berhasil masuk ke akunnya pada 21 Juli 2019.

“Tanggal 21 Juli itu ada yang berusaha masuk ke akun Traveloka-ku yang ke-link ke e-mail lama, trus dia log in lokasinya dari Jakarta,” kata dia.

Menurut dia, orang tersebut mengajukan PayLater Traveloka yang kemudian muncul persetujuan lewat e-mail dan diterima oleh Traveloka atas nama Sugandi dengan limit sebesar Rp5 juta.

Sang pembobol selanjutnya melakukan pemesanan tiket soundfast atas nama lain.

Bahkan, ada pemesanan tiket pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta) dengan tujuan Bandara Sentani (Jayapura) untuk penerbangan pada 22 Juli 2019 pukul 22.55 WIB.

Selain itu, pembobol melakukan pemesanan hotel untuk menginap setiap bulan mulai September 2019 hingga Januari 2020.

Dari history transaksi pemesanan yang muncul, Maria menduga, si pembobol berusaha menghabiskan limit tersebut.

Meski menyayangkan kejadian ini, Maria bersyukur bahwa ia tidak mengalami kerugian karena tidak pernah menghubungkan akunnya ke debit atau credit card serta applyPayLater.

“Memang kesimpulannya, yang menjadi leak di-sini, e-mail saya di-hack. Namun alangkah berbahayanya jika sebelumnya saya sudah punya paylater kemudan mudah untuk di-hack dan tagihan masuk ke saya” kata dia.

Maria juga mengaku sudah mengonfirmasi hal ini kepada pihak Traveloka dan mendapatkan jawaban bahwa telah terjadi kebocoran data terhadap e-mail-nya yang terdaftar di Traveloka.

Tanggapan Traveloka

Menanggapi hal ini, pihak Traveloka, yang dihubungi Kompas.com secara terpisah, menyebutkan, baru mendapatkan informasi soal ini.

PR Specialist Traveloka Citra Dwillysa Putri mengatakan, langsung meneruskan informasi ini kepada pihak terkait di internal Traveloka.

“Saat ini informasinya sudah saya teruskan dan sedang menunju tim terkait investigasi dulu ya,” jawabnya saat dihubungi via pesan singkat, Jumat (26/7/2019) pagi.

Menurut Citra, ia telah menghubungi langsung konsumen yang dirugikan atas kejadian ini.

“Info dari internal, tim fraud kami sudah handle case ini dan customer yang bersangkutan juga sudah dikontak,” sebut Citra.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here