Home News Berita National Fasilitas Gazebo di Lapas Sukamiskin Bakal Dibongkar

Fasilitas Gazebo di Lapas Sukamiskin Bakal Dibongkar

424
0
SHARE
Fasilitas Gazebo di Lapas Sukamiskin Bakal Dibongkar
MixParlay
MixParlay

THEJAKARTANEWS – Fasilitas Gazebo di Lapas Sukamiskin Bakal Dibongkar. Narapidana kasus korupsi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, terbukti menggunakan fasilitas istimewa yang tak dinikmati narapidana umumnya.

Hal itu terungkap dari operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (OTT KPK) terhadap Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husen beberapa waktu lalu, disusul temuan hasil razia tim gabungan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM bersama Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban Jawa Barat.

Selain fasilitas di dalam ruang tahanan, di Sukamiskin juga terdapat gazebo atau saung yang biasa dipakai para narapidana maupun pembesuk untuk bersantai. Ada puluhan unit gazebo di Lapas Sukamiskin. Gazebo terbuat dari bambu dengan dinding anyaman rotan dan beratap ijuk.

Rencananya, Kemenkumham melalui Dirjen Pemasyarakatan bakal membongkar saung atau gazebo yang berada di area Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

“Kami akan mempersiapkan dulu untuk ruang kunjungannya karena kita tidak punya ruang kunjungan,” kata Dirjen PAS Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami usai melakukan sidak di Lapas Sukamiskin, Minggu (27/7).

Sri tak memungkiri gazebo yang ada di lapas saat ini dalam kondisi lebih baik dari sebelumnya. “Yang sekarang saung sudah jauh lebih terbuka,” katanya.

Namun, gazebo tersebut tetap akan dibongkar. “Kami akan segera melakukanexercise dan membuat saung yang lebih representatif,” ujarnya.

Sementara, pasca-penggeledahan kamar lapas, pihaknya melakukan normalisasi. Para napi tidak diperbolehkan memiliki barang pribadi.

“Hanya boleh barang-barang yang sesuai standar. Misalnya, Kasur, dispenser, kipas angin, buku dan tempat ibadah,” katanya.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here