Home News Berita National Keren, Sepatu Asal Bandung Ini Dibuat dari Kulit Ceker Ayam

Keren, Sepatu Asal Bandung Ini Dibuat dari Kulit Ceker Ayam

18
0
SHARE
Keren, Sepatu Asal Bandung Ini Dibuat dari Kulit Ceker Ayam
MixParlay
MixParlay

THEJAKARTANEWS – Keren, Sepatu Asal Bandung Ini Dibuat dari Kulit Ceker Ayam. Sepatu kulit biasanya terbuat dari kulit sapi, tapi ada juga, lo, sepatu yang terbuat dari kulit buaya atau kulit ular. Tapi seorang warga Bandung, Jawa Barat, bernama kak Nurman Farieka Ramdhany membuat sepatu dari bahan yang tidak biasa, nih, teman-teman.

Kira-kira kak Nurman membuat sepatu dari bahan apa, ya?

Ternyata kak Nurman membuat sepatu dengan menggunakan kulit ceker ayam, lo!

Ide kak Nurman untuk membuat sepatu berbahan dasar kulit ceker atau kaki ayam ini ternyata datang dari keresahannya pada penggunaan kulit satwa liar seperti buaya dan ular untuk berbagai produk seperti sepatu dan tas.

Sepatu dari kulit ceker ayam ini dikembangkan oleh kak Nurman bersama ayahnya, yang juga mempunyai ide serupa.

Saat ayah kak Nurman pernah berniat mengembangkan produk dari kulit ceker ayam, tapi pengembangan ini tidak dilanjutkan lagi.

Nah, akhirnya saat ini kak Nurman bersama ayahnya bisa membaut produk sepatu dari kulit ceker ayam yang lebih mudah ditemukan dan didapat.

O iya, sebelum memulai dengan kulit ceker ayam, kak Nurman pernah juga mencoba menggunakan kulit ikan nila, pari, kulit kodok, dan kulit bebek.

Kulit ayam ini dipilih karena menurut kak Nurman, kulit ceker ayam mudah ditemukan dan tidak akan merusak habitat seperti penggunaan kulit buaya atau ular.

Selain itu, kulit ceker ayam juga mempunyai tekstur yang unik, karena mirip dengan kulit buaya.

Walaupun mudah ditemukan, ternyata mengolah kulit ceker ayam ini tidak mudah dan butuh waktu lama, lo, yaitu sampai 14 hari.

Kak Nurman mengatakan, semua kulit ceker ayam sebenarnya bisa digunakan, tapi akan lebih bagus kalau kulitnya berasal dari ceker yang besar, karena kulit ceker ayam yang kecil akan membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses menjadi sepatu.

Kesulitan juga muncul saat peroses penyamakan atau mengolah kulit mentah menjadi siap pakai, karena dibutuhkan 7 jenis bahan kimia yang berbeda, lo.

Bahkan beberapa bahan kimia juga sagak sulait didapatkan, nih, teman-teman.

Nah, bagi teman-teman yang tertarik untuk memakai sepatu buatan kak Nurman yang diberi merk Hirka ini, teman-teman harus memesannya terlebih dahulu, ya.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here