Home News Berita National Viral Kisah Pemilik Mobil yang Kena Salah Tilang Elektronik karena Plat Nomornya...

Viral Kisah Pemilik Mobil yang Kena Salah Tilang Elektronik karena Plat Nomornya Dipalsukan

3
0
SHARE
Viral Kisah Pemilik Mobil yang Kena Salah Tilang Elektronik karena Plat Nomornya Dipalsukan
MixParlay
MixParlay

THEJAKARTANEWS.com – Tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) merupakan sistem penindakan pelanggaran berbasis elektronik yang kini mulai diberlakukan di Jakarta.

Sistem ini membantu polisi untuk menegakkan hukum yang berlaku pada pengendara kendaraan yang masih kurang tertib.

Namun karena satu dan lain hal, sistem tilang elektronik bisa i”salah alamat”, seperti yang terjadi pada seorang pemilik mobil bernama Radityo Utomo.

 

Lewat akun Twitter miliknya @rdtyou, ia menceritakan bahwa pada 18 Juli lalu ia mendapatkan surat tilang elektronik, meski mengaku merasa sudah tertib berkendara.

 

Namun karena penasaran dan mungkin pernah lalai, ia pun melakukan tata cara konfirmasi sesuai yang tertulis dalam surat elektronik tersebut.

Setelah menelusuri bukti-bukti dugaan pelanggaran yang ada di situs ETLE, ia pun menemukan sejumlah kejanggalan.

Ia merasa saat itu nggak sedang berada di lokasi pelanggaran, yaitu di sekitaran Monas. Selain itu, ada sejumlah perbedaan pada mobil yang terekam dengan mobil miliknya, meski jenis dan plat nomor mobil sama.

Menyadari adanya indikasi pemalsuan plat nomor, ia pun langsung datang ke kantor Ditlantas untuk mengonfirmasi kekeliruan.

Setelah dijelaskan disertai bukti-bukti foto kendaraan miliknya, petugas pun membuka kembali STNK yang sebelumnya diblokir secara sistem karena diduga melakukan pelanggaran.

Hal ini pun malah jadi temuan baru pihak kepolisian tentang adanya tindak pidana pemalsuan plat nomor kendaraan. Disampaikan juga bahwa polisi akan segera menelusuri oknum ini agar kejadian serupa nggak terulang.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here